Wisata

Wajah Baru Gunung Galunggung

Lain dulu lain sekarang. Ya, kalimat inilah yang pantas disematkan pada kawasan wisata Gunung Galunggung Kabupaten Tasikmalaya. Segala perubahan nampak jelas di beberapa sudut wisata alam andalan kota santri ini. Perum Perhutani Divre Jabar Banten rupanya melangkapi obyek wisata Gunung Galunggung dengan merubah tampilannya. Tentu tujuannya ialah untuk lebih menarik wisatawan yang berkunjung.

1. Tangga Pendakian yang di pasang lampu

seperti yang kita tahu, untuk mencapai bibir kawah galunggung, kita sudah disediakan tangga dari mulai area tempat parkir. Tangga tersebut berjumlah 620 anak tangga. Nah, jika dulu pengunjung tidak disarankan mendaki ke kawah malam hari, kini pengelola telah memasang puluhan lampu penerang untuk memudahkan pendakian. Jadi pengunjung galunggung selain bisa menikmati panorama alam siang hari, juga dimanjakan indahnya lampu kota tasikmalaya dimalam hari dari ketinggian 1000-1300 MdPL.

2. Gardu Pandang wisata Gunung Galunggung

Yang terbaru, pengelola wisata gunung Galunggung membuat gardu pandang untuk memanjakan pengunjung, juga untuk berselfie ria. Uniknya, di gardu pandang ini pengunjung bisa berselfi ria malam hari juga. Pihak pengelola telah memasang lampu-lampu indah di gardu pandang agar wisatawan tidak hanya dapat berfoto siang hari, tetapi juga malam hari dengan pemandangan kerlip lampu kota Tasikmalaya dari ketinggian.

3. Curug Warna Galunggung

Nampaknya ada yang di focuskan dalam sisi penataan wisata gunung galunggung ini. Pemasangan lampu di area wisata ini tidak hanya pada akses jalan menuju lokasi namun kawasan Curug yang tinggiannya 80 meter juga nampaknya dipercantik dengan Rainbow Light. Tak ayal, pesona lampu warna-warni ini bisa dinikmati ketika hari beranjak gelap seperti senja atau menjelang fajar.

4. Ngarai Galunggung

Selain Tangga pendakian, curug warna dan gardu pandang di lokasi ini juga kini terdapat banyak tugu yang berada di spot-spot tertentu, sepeti tugu ngarai galunggung, Tugu siliwangi dan tugu kenangan yang dibangun sebagai pengingat hebatnya gunung galunggung saat meletus tahun 1982-1983. Tugu tersebut bisa di jadikan background beselfi atau sebagai tanda pengunjung berada di kawasan wisata galunggung.

5. Kolam air Panas

Keseruan wisata galunggung ternyata bukan hanya pada landscape-nya yang luarbiasa indah, namun pengunjung dapat menikmati kolam air panas yang bersumber dari kawasan kawah galunggung juga. Keberadaan kolam air panas ini bak oase bagi mereka yang ingin keluar dari hipitan dinginya cuaca di kawasan gunung ini.

6. Camp Ground di Bibir Kawah

Sekarang jangan takut lagi deh sobat kalau ingin ngecamp dikawasan galunggung, selain penerangan yang mumpuni, ramainya pengunjung di malam hari bisa jadi penawar rasa takut yang ada. Setelah ditambahkanya lampu penerangan, pengunjung yang bermalam di kawasan ini kian meningkat. Jadi, cobain deh ngecamp.. biar puas nikmati indahnya malam Kota Tasikmalaya.

Tips Mengunjungi wisata Gunung Galunggung

  1. Destinasi wisata Galunggung dapat dijangkau baik dengan kendaraan beroda dua ataupun empat. Namun sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi atau carter kendaraan jika ingin berlama-lama di kawasan ini. karena jarang banget kendaraan umum guys.
  2. Penting diperhatikan juga, pastikan kendaraan kamu dalam keadaan fit, terutama pada bagian rem. Karena Jalan menuju lokasi ini cukup curam. seperti yang kita tahu, topografi Gulungagung sangat gak pas deh buat kendaraan yang remnya gak aman.
  3. Beda harga tiket malam dan siang loh,,
  4. sebaiknya datang disore hari, karena selain sejuk sobat juga bisa menikmati indahnya sunset.
  5. sebaiknya datang rame-rame biar tambah seru liburanya.
  6. Cobain ngecamp dehh biar tahu bagaiman rasanya udara pagi dipegunungan dalam ketinggian tertentu.
Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hayu Liburan Luur :)
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker